Buat Bikers- Bikers yang Pengen Modif-modif Sepedanya !!! J
Pengetahuan Umum :
Modifikasi SEPEDA MOTOR
Modifikasi
adalah perubahan sebagaian dari konstruksi komponen motor dengan tujuan
meningkatkan kemampuannya. Diantaranya yang sering di modifikasi adalah:
1. Piston
Bertujuan
untuk mengurangi berat piston sehingga tenaga motor meningkat karena tenaga
yang hilang untuk melawan berat piston. Untuk mengurangi berat piston dilakukan
dengan memotong bagian bawah piston, besarnya bagian yang dipotong tersebut
sudah tertentu dan tiap sepeda motor tidak sama. Jika pemotongan berlebihan
mengakibatkan keseimbangan piston terganggu sehingga menimbulkan getaran dan
kerusakan berikutnya. Pemotongan harus dilakukan berhati-hati dan hasilnya
halus, jika hasil potongan kasar bisa menggores didinding silinder dan
mengakibatkan kebocoran kompresi.
2. Kepala Silinder
Kompresi
ruang bakar sangat menentukan tenaga yang dihasilkan. Semakin tinggi kompresi
ruang bakar semakin besar tenaga yang dihasilkan. Sebaliknya semakin rendah
tenaga ruang bakar maka semakin kecil tenaga yang dihasilkan. Untuk
mempertinggi kompresi ruang bakar dapat dilakukan dengan mengurangi volume
ruang bakar. Pada sepeda motor umumnya hal ini dilakukan dengan mengerinda
kepala silinder sehingga volume ruang bakar berkurang dan kompresinya menjadi
lebih tinggi. Pemotongan kepala silinder harus dilakukan secara hati-hati,
sebab jika pemotongan terlalu banyak dapat menyebabkan piston akan bertumbukan
dengan katup pada saat langkah buang, khususnya pada sepeda motor 4 tak.
Pemotongan kepala silinder yang terlalu banyak mengakibatkan tekanan kompresi
menjadi sangat tinggi yang justru akan menimbulkan gangguan-gangguan lain dan
kerusakan lebih lanjut.
3. Lubang Pembilasan (Lubang Pemasukan)
Jumlah
gas baru campuran bensin dan udara yang dimasukkan ke ruang bakar sangat
menentukan tenaga motor yang dihasilkan. Semakin banyak gas yang dimasukkan
berarti kepadatan gas semakin tinggi sehingga tekanan kompresi naik dan
pembakaran lebih baik. Untuk mencapai hal itu lubang pembilasan (pemasukan0
diperluas agar jumlah gas baru yang masuk lebih banyak. Perluasan lubang bilas
tersebut harus tetap pada batas-batas tertentu dan disertai pula dengan
modifikasi dibagian lain. Jika hal itu tidak dilakukan maka motor bukan tambah
tenaganya tetapi justru menjadi rusak.
4. Sistem Kelistrikan
Tenaga
listrik pada motor kebanyakan 6 volt, tegangan tersebut dapat diubah menjadi 12
volt dengan mengubah sistem kelistrikannya. Dengan tegangan 12 volt lampu-lampu
menjadi lebih terang dan klakson menjadi lebih keras serta bunga api busi
menjadi lebih besar. Dengan perubahan tegangan tersebut maka semua peralatan
kelistrikan seperti lampu, koil, baterai, dan klakson harus diganti dengan yang
12 volt. Diameter kumparan kawat magnet juga harus diganti dengan diameter yang
lebih besar. Untuk melilitkan kumparan serahkan saja kebengkel khusus jika
terasa sulit karena pekerjaan ini butuh keahlian.
5. Rocker Arm
Rocker
arm atau lengan penumbuk katup juga berfungsi untuk meneruskan gerakan dari batang
penekan (push rod) atau dari poros pam sehingga katup bisa membuka dan menutup.
Rocker arm yang baik adalah yang ringan tapi kuat. Untuk mengurangi bobot
rocker arm biasanya dipotong bagian atasnya, keuntungannya bobot rocker arm
berkurang sehingga berkurang tenaga untuk melawan bobot rocker arm semakin
kecil. Pemotongan harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak boleh berlebihan
karena akan berpengaruh terhadap kekuatan rocker arm. Jika pemotongan rocker
arm berlebihan akan mengakibatkan rocker arm menjadi mudah patah.
6. Poros Kam
Untuk
memperpanjang langkah katup atau menambah lama pembukaan katup, diameter poros
dari poros kam dapat diperkecil sehingga tinggi puncak kam bertambah.
Keuntungannya karena pembukaan katup tambah lama gas baru yang masuk semakin
banyak. Akibatnya tenaga motor meningkat. Panjang langkah katup dapat ditambah
dengan cara menyetel celah katup sesempit mungkin, tetapi cara ini berakibat
bocornya tekanan kompresi motor.
7. Roda Gigi
Roda
gigi yang dimaksud pada pembahasan ini adalah roda gigi penggerak roda
belakang. Roda gigi ini terletak menjadi satu unit dengan poros roda belakang.
Roda gigi penggerak roda belakang meneruskan putaran mesin dengan perantaraan
rantai. Hampir semua sepeda motor menggunakan roda gigi penggerak kecuali
vespa.
Agar kecepatan
sepeda motor bertambah pada tenaga mesin yang sama roda gigi belakang harus
diganti dengan yang lebih kecil diameternya, jika roda gigi diganti dengan yang
lebih kecil tentu saja panjang rantai roda harus dikurangi atau disetel.
Contoh Hasilnya :
Konsep
Thole mungkin nama baru di telinga dunia modifikasi, tapi setelah menilai latar
belakang ada nama kota Pandaan subur segera harus tahu persis bagaimana
hasilnya selalu modifnya pengerjaan yang inovatif dengan finishing yang sangat
baik.
Yamaha
MIO '07 Pandaan: PERCOBAAN Thole
Yamaha
MIO '07 Pandaan
Dalam
output besutan Yamaha Mio Panjul Sofi pada tahun 2007, ia mulai percobaan yang
berbeda dari tampilan balap-gaya yang sekarang lebih umum. neo
Bodi
TRANSFER
Memang
tren di tahun 2010 perpindahan panas tubuh mendapatkan itu, bukan hanya funky
besutan, gaya, racing lihat juga kena dampak. jenis Bodi-bodi di Sofi's,
cangkang atas stang digunakan dicoak milik Honda Beat sisi bawah, merunduk
kesannya semakin terlibat dengan memotong setang dan membungkuk. ekor Belakang
juga mengganti separuh dari tubuh Satria Fu adalah lebih ramping dan kerucut.
ORDER
Bolong
Chassis
bagian yang paling mungkin saja dicat dengan layar cerah, membuat subur harus
berbeda. Sisi lubang ini dibuat dengan bor yang besar. Tayangan untuk dijadikan
sebagai cahaya mungkin pelek, bahkan menusuk bibir Rossi berpartisipasi.
Suspensi:
Di
bawah tak ada sisi menyenangkan kalah, tabung sok depan standar tabung
dicustom. Model plus daging dengan bahan besi dibubut. Bagian bawah terbuat
dari kotak diukir dengan Rp tabung sekrup seperti sepintas. Buat monosok YSS
belakang dibuat jatuh Satria, pemegang menggunakan chassis dimodifikasi lebih
jauh ke bawah.
INOVASI
disk
Disc
disk tidak lagi ditempatkan kembali di rumah CVT, tapi pergi ke luar rumah as
roda. Jadi rumah itu untuk memotong setengah dari CVT dalam rangka untuk
menyoroti kesan lebih dan lebih bersih dan ringan, apalagi diambil tromol
belakang tromol depan motor yang lebih kecil. Pasang cakram tren di luar ide
dari Thailand emang domestik.
Spek
MODIF
Sok
DPN: Custom, cakram: Tiara, Tromol: Handmade, Sok BLK: YSS, pelek: Rossi, BAN:
Swallow 200/17, ORDER: Hole, masker: Honda Beat, belakang: Satria FU, Ignition:
Rextor Program, MINYAK COOLER : Custom, Exhaust: AHRS, tangki: Custom, Stang:
Custom, bar stabilizer: TacoBell, GAS: Magura, AIRBRUSHER & modifier: Thole
Konsep (Yan Motor)
Nb: Buat Bikers Mania yang mau nambahin
juga boleh, salah-salah di Blog ini aku minta maaf ya .. *kembali dari NOL yya
.* ..
Terima
kasih juga buat Blog atau Web yang udah membantu .. :)
0 comments:
Posting Komentar